Cara Menyembuhkan Asam Urat Tanpa Obat

Masih seputar penyembuhan dan kesehatan, kali ini yang akan menjadi bahasan kita, adalah seputar bagaimana menyembuhkan asam urat, tanpa obat.

Di Indonesia sendiri, penderita asam urat tidak sedikit. Bahkan sampai tiga puluh persen lebih, untuk rentang usia di bawah 34 tahun, dan hingga enam puluhan persen untuk penderita dengan usia di atas 34 tahun.

Lazimnya, ketika asam urat kembali berulah, obat pereda nyeri akan menjadi penolong. Tetapi bila Anda menghendaki cara lain, untuk mengatasi kambuhnya asam urat, sebenarnya ada cara yang tidak melibatkan penggunaan obat-obatan.
Seperti apa caranya?

Yang pertama, adalah Anda perlu menjauhi makanan yang mengandung purin tinggi. Karena makanan tinggi purin, dapat meningkatkan kadar asam urat pada tubuh.

Termasuk jenis makanan yang perlu Anda hindari, antara lain adalah jeroan (termasuk hati dan otak. Kemudian daging merah, seafood alias makanan laut, melinjo atau emping, produk susu, kol, serta kacang-kacangan.

Bahkan setelah ancaman asam urat sudah lewat, maka pantangan ini tetap harus Anda patuhi untuk seterusnya. Bagi Anda yang sudah terlanjur punya asam urat, maka selain bahan-bahan makanan yang baru saja saya sebutkan, Anda perlu juga menghindari minuman beralkohol. Termasuk bir.


Baca Juga :


Cara yang kedua, hindarilah minuman manis. Konsumsi minuman manis, tidak selalu hanya berkaitan dengan diabetes saja. Terlalu banyak mengkonsumsi minuman manis, juga dapat meningkatkan resiko asam urat. Serta tentu saja, menaikkan berat badan karena menambah pemasukan kalori harian.

Cara ketiga, perbanyak minum air putih. Ini merupakan cara menurunkan asam urat yang paling gampang untuk dilakukan. Mengapa air putih? Karena purin dikeluarkan dari tubuh lewat urine atau air kencing. Dengan meminum banyak air putih, ginjal akan memproduksi urin, lalu mengeluarkan purin tersebut ketika Anda buang air kecil.

Cara keempat, minum kopi. Salah satu penelitian menunjukkan, bahwa orang yang meminum kopi, memiliki resiko lebih rendah untuk mengidap asam urat tinggi. Mereka yang meminum kopi antara satu hingga tiga cangkir, akan terhindar asam urat hingga 22 persen, dibandingkan mereka yang tidak minum kopi sama sekali.

Hal ini dikarenakan kopi mengandung mineral, polifenol, dan kafein, yang bisa meningkatkan metabolisme purin menjadi asam urat, lalu meningkatkan proses pembuangan asam urat melalui urine. Cara ini juga dapat mencegah asam urat untuk mengendap, dan merusak tulang serta sendi.

Selanjutnya, cara kelima adalah dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung serat. Konsumsilah buah dan sayur, sebagai pemasok serat utama untuk tubuh manusia.

Pada umumnya, penderita asam urat dianjurkan untuk makan sayur dan buah sebanyak lima porsi setiap hari. Karena makanan yang mengandung serat bisa membantu tubuh menjaga kadar gula agar tetap stabil. Serat, juga membantu mempertahankan rasa kenyang, sehingga pengidap asam urat terhindar dari perilaku makan berlebihan. Pada akhirnya, jumlah purin yang masuk ke dalam tubuh menjadi lebih rendah.

Cara keenam, jagalah kesehatan mental Anda. Hal ini wajib diperhatikan, karena kondisi mental yang tidak stabil, stress, atau bahkan depresi, dapat memicu proses peradangan di dalam tubuh.

Sedangkan peradangan, adalah salah satu pemicu asam urat. Agar kita bisa menjaga kondisi mental tetap stabil, beberapa hal yang bisa dilakukan antara lain adalah istirahat atau tidur setidaknya delapan jam setiap malam, olahraga teratur, meditasi, dan melakukan hobi atau aktifitas yang menyenangkan.

Terakhir, atau cara ketujuh, asam urat juga bisa kita atasi dengan mengkonsumsi vitamin C secukupnya. Bila selama ini vitamin C hanya kita kenal sebagai pemelihara daya tahan tubuh, maka sebenarnya vitamin C bermanfaat juga untuk membantu menurunkan kadar asam urat.

Mengapa demikian? Karena vitamin C bersifat urikosurik. Alias, bisa membantu membuang asam urat dari dalam tubuh melalui urine. Jika ingin mendapatkan asupan vitamin C secara alami, maka konsumsilah buah-buahan.

Tetapi perlu diingat, dosis maksimal vitamin C harian adalah 500 mg. Lebih dari dua gram vitamin C dalam sehari bisa memicu diare dan nyeri lambung. Nah, kurang lebihnya demikianlah cara untuk membantu menyembuhkan asam urat, tanpa obat.

Semuanya butuh niat, butuh kesungguhan, dan tentu saja ketelatenan. Karena tidak ada solusi alami yang sifatnya sekali pakai langsung selesai. Untuk Anda dimanapun berada, saya doakan agar senantiasa sehat. Dan bila saat ini sedang sakit, semoga lekas disembuhkan.

One Thought to “Cara Menyembuhkan Asam Urat Tanpa Obat”

Leave a Comment